Kamis, 20 Maret 2014

Tip Merawat Peugeot

PENTINGNYA FUEL FILTER ( FUEL FILTER )


Agar dapat  menghasilkan tenaga yang prima, mobil perlu suply bahan bakar yang baik dan ok tentunya. Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Hal yang harus kita perhatikan bahwa tidak semua bahan bakar itu bersih dari kotoran. Kotoran dan air pada bahan bakar bisa merusak komponen-komponen sistem bahan bakar, korosi misalnya. Untuk itulah pada sistem bahan bakar terdapat komponen bernama `saringan bahan bakar` (fuel filter).

Fuel filter merupakan komponen yang harus selalu dibersihkan secara berkala. Biasanya setiap kelipatan 5000 km. Dan, lakukan penggantian fuel filter setiap kelipatan 10.000 km.Penggantian perlu dilakukan rutin mengingat bahan dasar fuel filter adalah kertas. Di kertas inilah terdapat pori-pori untuk menyaring bahan bakar. Lama kelamaan pori-pori tersebut kian rapat sehingga bahan bakar sama sekali sulit menembusnya. Dan solusinya harus diganti dengan yang baru.


Bila tidak, mungkin Anda akan terjebak pada kasus yang beberapa kali dialami oleh para pengendara mobil. Sepele, tapi bila lengah bisa mengganggu perjalanan Anda. Yaitu, mesin seperti kurang tenaga, terasa lemah meskipun pedal gas diinjak sedalam-dalamnya. Bila gejala awal ini dibiarkan tanpa penanganan segera, kejadian berikutnya bisa lebih parah lagi: mesin tersendat-sendat, dan parahnya hal ini akan membuat mobil anda menjadi mogok.

hal ini disebabkan, karena fuel filter yang kotor sehingga menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Bahkan mungkin bahan bakar tidak bisa mengalir karena pori-pori di fuel filter sudah tertutup sama sekali. Dan ini akan sangat bebahaya sekali.

Memeriksa dan mengganti fuel filter akan jauh lebih ringan ketimbang memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan bila fuel filter tidak bekerja dengan baik. Sebagai saringan, peran fuel filter bagi kinerja mesin sangat besar. Komponen ini menghentikan kotoran dan air yang terkandung dalam bahan bakar.

beberapa hal yang akan muncul apa bila terjadi kesusakan pada fuel filter yaotu:

1. Dapat menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna. Karena mengandung banyak air misalnya. Efek berikutnya adalah tenaga kurang maksimal sementara konsumsi bahan bakar menjadi boros. Juga, emisi gas buangnya akan tidak ramah lingkungan.

2. Akibat dari adanya kandungan air atau kotoran yang ada di bahan bakar juga bisa mengakibatkan kerusakan (keausan) pada komponen-komponen yang dilaluinya. Misalnya, karat pada dinding-dinding cylinder block. Bila keausan ini terjadi, akan memicu kebocoran pada ruang bakar.

3. Dan yang terakhir, yaitu tenaga mesin terasa lemah. Bisa juga membuat oli cepat kotor. Dan bila dibiarkan terus berlanjut, pengaruhnya akan terasa ke mesin. Yang paling sering adalah suara mesin terdengar kasar. Dan lama kelamaan akan membuat mobil menjadi mogok.

sumber  ; berkatarthaprima.com


PENTINGNYA FILTER OLI MESIN



Filter Oli ( Oil Filter )
Fungsi Filter Oli Mesin
Fungsi saringan oli (Oil Filter) untuk menyaring kotoran yang ditimbulkan dari gesekan mesin agar tidak  ikut beredar pada sistem pelumas. Kotoran pada oli dapat berupa bram atau serpihan logam akibat bagian yang aus maupun endapan karbon yang dibawa oli selama bersirkulasi.
Ada terdapat dua model saringan oli yang banyak dipakai pada filter oli yaitu:
1. saringan kasa yang mencegah kotoran pada oli masuk ke pompa pelumas


2. saringan sentrifugal, yang menyaring kotoran dengan memanfaatkan gaya sentrifugal

Tahukah anda seberapa pentingnya filter oli (Oil Filter) yang ada di mesin???

Filter oli biasanya terbuat dari kertas kasa dengan lubang – lubang penyaring yang di desain jauh lebih kecil dari kotoran-kotoran yang ada di mesin. Biasanya pabrikan menyarankan untuk melakukan penggantian filter oli minimal setiap 2x penggantian oli di iringi dengan penggantian filter oli (Oil Filter )  

Apa jadinya kalau filter oli (Oil Filter) tidak pernah kita ganti???
Tentu saja kotoran yang ditimbulkan oleh mesin (misalkan carbon – carbon hasil pembakaran, gram – gram hasil gesekan antar besi dan lainnya) dapat menumpuk di filter oli tersebut. Dengan semakin banyaknnya kotoran yang menumpuk maka flow yang seharusnya mengalir melalui filter oli (OIl FIlter)menjadi tersumbat dan mengakibatkan release valve membuka dan oli yang seharusnya melewati filter menjadi di bypass langsung tanpa melalui filter oli dan langsung di sirkulasikan ke mesin kembali.

Itu artinya kotoran yang terbawa dalam oli juga ikut terbawa dan ikut mengotori seluruh mesin. Pasti jadi tahu donk kalau kotoran semakin menumpuk di mesin apa jadinya???









 PENTINGNYA AIR FILTER


Filter udara itu walaupun murah dan sepele tapi sangat vital lho.
Fungsinya adalah untuk menyaring partikel debu, kerikil atau bahkan air yang masuk ke Throttle Body, Intake Manifold dan akhirnya Ruang Bakar di mesin.




Jika dibiarkan terus menghitam yang artinya kotor, maka pasokan udara ke mesin berkurang dan efeknya tenaga mesin agak loyo dan mungkin akan lebih boros BBM.
Ini mengapa K&N membuat Air Filter Less Restriction yang terbuat dari katun dan atau kawat, gunanya agar lebih banyak udara bersih yang dapat masuk ke Throttle Body dan meningkatkan tenaga mesin walaupun tidak signifikan. Materialnya jelas lebih baik dari material standar. Memang harganya bisa 5 kali lipat dari standar tapi Filter itu bisa sampai 5 kali dibersihkan dan digunakan lagi sebelum menggantinya. Jadi, secara biaya mirip, tapi lebih meningkatkan tenaga mesin walaupun tidak signifikan.
Periode penggantian Air Filter standar kira-kira 10 – 20 ribu kilometer/ setahun sekali. Dan tiap 5 ribu kilometer, dibersihkan dahulu dengan Kompresor.
Kalau saya sendiri tiap tahun atau 5 ribu kilometer (tergantung kondisi udara) ganti Filter udara walau belum berwarna hitam. Kan harganya tidak mahal, tapi fungsinya sangat vital.
sumber : Lutfi Virliansah indonesia 206 community



SERVIS BERKALA 20,000KM
setiap 20.000 km Fuel System Cleaning - Bensin

- Meningkatkan akselerasi dan tenaga mesin
- Menghilangkan kotoran pada injektor, valve serta saluran udara
- Meningkatkan penghematan bahan bakar

Untuk Semua Tipe




setiap 20.000 km Power Steering Oil Flush

- Meningkatkan kinerja power steering
- Menghilangkan kotoran pada pompa saluran power steering
- Meningkatkan umur dari hose, seal dan komponen power steering

Untuk Semua Tipe


setiap 20.000 km Fuel System Cleaning - Diesel

- Meningkatkan akselerasi dan tenaga mesin diesel
- Menghilangkan karbon, jelaga dan kotoran lainnya pada injektor ruang bakar
- Meningkatkan penghematan bahan bakar

Untuk Semua Tipe


setiap 20.000 km Radiator Flush

- Mencegah terjadinya over heating
- Menghilangkan karat & seluruh endapan pada sistem pendinginan mesin
- Menjaga kinerja thermostat dan pompa air tetap optimal

Untuk Semua Tipe


setiap 20.000 km Engine System Cleaning - Oil

- Membuang lebih 95% sisa pelumasan
- Meningkatkan kebersihan mesin sehingga pelumasan optimal
- Mesin lebih halus dan tahan lama (Oli mesin TOTAL OIL)

Tipe 206, Partner

Tipe 307, 406, 806, 407, 807


setiap 40.000 km Automatic Transmission Flush

- Membuang lebih 95% sisa pelumasan
- Membersihkan kotoran dan endapan sehingga pelumasan lebih optimal
- Meningkatkan kerja seal dan O-ring

Untuk Semua Tipe


Sumber: peugeot indonesia










10 Tips Merawat Mobil PEUGEOT



Tips Merawat Mobil 10 ‘JANGAN’ terhadap PEUGEOT anda :
1. Jangan melakukan cuci mesin dengan air secara langsung, sebaiknya dengan kuas kering atau kain lap yang tidak terlalu basah, bisa juga ditiupkan angin dari compressor

2. Jangan melakukan penambahan air radiator setelah mesin hidup, dikhawatirkan akan masuk udara palsu didalam circuit yang akan menyebabkan temperatur tinggi (tidak normal). Saat paling tepat dilakukan saat mesin belum hidup sama sekali (kondisi dingin) dan batasi sampai level maximum saja.

3. Jangan melakukan pelepasan kabel Battery Positif atau Negatif secara tiba-tiba (langsung) untuk kendaraan yang menggunakan Imobilizer. Sebaiknya dilakukan secara prosedur sesuai type kendaraan sbb :

- Type 306 N5, 406 D8 : kunci kontak posisi On 10 detik, kunci kontak Off baru dilepaskan salah satu dari konektor battery.

- Type 806 : kunci kontak On, kemudian lepaskan salah satu dari konektor battery
- Untuk kendaraan Semi Full Mux dan Full Mux 206 th 2002, 406 th 2000, 307, 407: kunci kontak On 10 detik kemudian kunci kontak Off tunggu sampai 3 menit baru dilepaskan salah satu dari konektor battery (dalam proses ini jangan buka pintu mobil anda).

Tujuannya agar tidak terjadi Lock/terkunci pada ECU yang dapat mengakibatkan mesin tidak bisa hidup.
4. Jangan melakukan penambahan air accu yang berlebihan (lewat dari level max) untuk kendaraan yang menggunakan Accu Basah, karena pada saat mesin hidup Alternator akan melakukan pengisian stroom ke Battery dan terjadi penguapan. Uap yang keluar dan mengenai bagian-bagian di ruang mesin akan menjadi korosi/rusak. Terlebih untuk mobil Automatic. Jika sampai masuk ke dalam transmisi bisa terjadi slip.

5. Jangan melakukan pendongkrakan kendaraan di posisi yang tidak tepat saat ganti ban/ganti oli. Sebaiknya dilakukan pada bagian yang diperbolehkan untuk memposisikan dongkrak. Ada 4 titik yang diperbolehkan untuk posisi dongkrak yaitu di bawah list plang bawah:

- Depan kanan

- Depan kiri

- Belakang kanan

- Belakang kiri

6. Jangan di ‘hand brake’ terlalu lama saat kendaraan diam tapi mesin nyala, sehabis dicuci atau sehabis melewati jalan yang tergenang air, agar Brake Shoe belakang menjadi awet atau terjadi lepas dan terkunci Tromol belakangnya.

7. Jangan melintas di jalan yang tergenang air lebih dari setengah ban, agar tidak terjadi ‘Water Hammer’

8. Jangan melakukan pengisian angin pada ban yang tekanannya lebih dari 30 psi dan perhatikan juga bunga ban-nya agar kendaraan tetap stabil saat jalan.

9. Jangan berjalan terlalu cepat saat kendaraan melewati jalan rusak atau gundukan agar suspensi awet

10. Jangan lupa lakukan perawatan berkala kendaraan PEUGEOT anda setiap kelipatan 5000 km di Bengkel  Specialized Peugeot (sperti tune up,cek oli,dlsb).
sumber: forum Detik.com


cara merawat mobil peugeot, mobil peugeot, cara buka bagasi mobil peugeot, cara buka aki mobil peugeot, cara aman buka aki mobil peugeot, apa saja yang dilakukan bagi pengguna mobil peugeot, bengkel mobil peugeot, apakah mobil peugeot rewel, cara bleeding air radiator esin peugeot, berapa lama oli peugeot pengantiannya, oli yang dianjurkan buat mobil peugeot, oli recomendasi buat peugeot, daftar bengkel peugeot tanggerang